Tuesday, May 8, 2012

Cara Membuat Label Undangan di Microsoft Word

Hari pernikahan sudah tinggal menghitung hari. Undangan yang dipesan di percetakan sudah jadi. Tetapi kadang-kadang masih ada beberapa orang yang masih bingung bagaimana cara untuk membuat label undangan yang nantinya akan ditempel di amplop undangan. Dulu sih saya pernah lihat temen saya ngeprint label semacam itu dengan sebelumnya membuat templatenya dengan Ms. Word secara manual (dengan membuat beberapa text box kemudian disesuaikan dengan ukuran kertasnya). Saya pikir, masa tidak ada cara lain sih.
Akhirnya setelah saya coba-coba sendiri, dengan memakai software pengolah kata Ms. Word saya bisa membuat Label undangan sendiri.
Label yang saya gunakan adalah merk “Tom&Jerry”.

Di bawah ini saya sertakan ukuran Label pada Tom&Jerry.


Berikut ini, saya tuliskan petunjuk step by step cara membuatnya:
1. Buka program Ms. Word.
2. Klik menu bar File > New.
3. Klik Tools > Letters and Mailings > Envelopes and Labels.
4. Beri tanda di “Radio Button” yang judulnya “Full page of the same label“.
5. Klik Options...“.


6. Abis itu akan muncul dialog box alias kotak dialog yang judulnya “Label Options“.


7. Pilih di “Label products” pilihan yang namanya “Other/Custom“.
8. Lalu pilih “AE (3×5) – Address” di kolom Product number.
9. Terus turun ke bawah lagi, lihat sebuah tombol yang bernama “New Label...“, klik tombol itu.
10. Akan muncul lagi kotak dialog seperti ini:


11. Nah kasih nama labelnya terserah kalian, di tutorial ini kasih nama aja “Label” di kolom Label Name.
12. Sekarang kita ambil contoh label yang akan kita gunakan adalah label Tom&Jerry nomer 103. Sekarang ambil selembar label dan sebuah mistar/penggaris. Ukurlah Side margin, horizontal pitch dan lain-lain sehingga hasilnya sama seperti gambar di bawah ini.


13. Setelah itu klik tombol OK.
14. Lalu kik tombol “OK” lagi di dialog box Label Options.
15. Kemudian di dialog box Envelope and Labels (seperti di nomer 4) klik “New Documents“.
16. Hasilnya akan seperti ini:


17. Itu belum selesai, karena ukuran kertasnya belum sesuai dengan ukuran kertas kuningnya Tom&Jerry. Karena itu kita samakan ukurannya dengan, klik menu File > Page Setup. Kemudian ukur lagi dengan mistar ukuran lebar dan tinggi kertas kuningnya. Ukurannya adalah lebar 20,5 cm, tinggi 16,5 cm. Masukkan data tersebut ke ukuran kertasnya. Perhatikan baik-baik ya, paper sizenya adalah “Custom” setelah itu baru masukkan angkanya. Setelah itu klik tombol OK.


18. Hasilnya, kita akan mempunyai ukuran yang pas dengan label Tom&Jerry no. 103. Tapi jangan lupa untuk menyimpan format ini ke dalam bentuk Ms. Word Template. Klik File > Save As > Document Template. Simpan.


19. Selesai deh pekerjaan kita.
Lain kali saat kita membutuhkannya kita tinggal membuat dokumen baru dengan Template Label yang sudah kita buat. Mencari templatenya ada di gambar berikut ini.



Nah, sudah berhasil dengan nomor 103, ingin membuat dengan seri lain? Ulangi saja langkah tadi, dan di langkah nomor 11 silahkan ukur sesuai dengan seri kertas Tom&Jerry yang kamu pakai. Dilangkah terakhir, save sebagai Document Template dengan nama yang berbeda, misalnya Label103, Label121 dan sebagainya. Oh iya, file Document Template Ms. Word, memiliki file extension *.dot.

Sebagai tambahan, template yang sudah kita buat bisa dicopy ke flashdisk atau ke CDROM atau diupload ke website pribadi kamu buat backup yang bisa dibawa atau diakses dimana-mana. Jadi kamu nggak perlu lagi mengulangi langkah-langkah ini setiap saat. Cukup buka file template itu aja yang biasanya dipakai untuk label stiker ukurannya: 103 dan 121.
Untuk download label template yang lain bisa langsung ke Tom&Jerry saja.

Demikian semoga membantu.










7 comments:

Isikan komentar Anda yang bersifat positif dan bukan komentar spam, komentar Anda akan berarti bagi saya. :)